Mob Psycho 100

Mob Psycho 100

Episode: 12
Perdana: Musim Panas 2016
Studio: Bones
Sumber: Web manga
Genre: Aksi, Potongan Kehidupan, Komedi, Supernatural
Durasi: 24 menit per episode

Anak SMP bernama Kageyama Shigeo memiliki kekuatan supernatural yaitu telekinesis. Dia bisa membengkokkan sendok dan mengangkat benda-benda di sekitarnya. Shigeo bekerja sebagai pengusir roh jahat di bawah pimpinan Reigen Arataka, pria yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan supernatural sedikit pun. Dia hanya memanfaatkan kebodohan Shigeo saja. Setelah Shigeo melakukan pertarungan dengan Hanazawa Teruki, kehebatannya tersebar di mana-mana. Namun orang-orang mengira Kageyama Ritsu, adiknya, sebagai Shigeo dan mulai mengincar dirinya.

Cerita

Anime ini dibuat oleh orang yang sama yang membuat One Punch Man, salah satu anime yang sangat terkenal.

Cerita yang hebat karena di sini diperlihatkan bagaimana anak SMP yang canggung secara sosial bersikap saat mendapatkan kemampuan telekinesis. Lucu sekali karena Mob orangnya agak bodoh dan tidak punya kelebihan lain. Hampir mirip Nobita tapi dia tidak mengeluarkan banyak ekspresi dan gerakannya lamban.

Saya suka melihat ledakan kekuatan si tokoh utama. Episodenya sangat sedikit dengan jalan cerita yang cepat. Saya suka sekali anime yang episodenya sedikit karena tidak berbelit-belit. Kadang saya bosan kalau menonton episode anime yang terlalu banyak. Episode yang satu dan yang lain saling berhubungan dan harus ditonton secara berurutan jika ingin mengerti apa yang sebenarnya terjadi.

Bagian pertarungan akhirnya agak mengesalkan saat Reigen mencoba menahan ledakan amarah Shigeo. Padahal disaat seperti itu kekuatan supernatural Moblah yang paling dibutuhkan. Tapi plot twistnya tottemo kakkoii! Tapi kesannya seolah Reigen yang jadi tokoh utama dan malah dia yang kelihatan keren.

Karakter

Ada tiga karakter yang menarik bagi saya. Shigeo, Reigen, dan Ekubo.

Kalau di anime aksi lainnya tokoh utamanya kuat, ekstrovert, dan ceria, di sini tokoh utamanya anak yang lemah, introvert, agak imut, dan hampir emotionless. Ini sangat relatable dengan saya. (T_T) Kenapa dia terlihat tanpa emosi karena dia memendam semua perasaannya yang memunculkan sesuatu yang sangat kuat dari dalam dirinya. Ini ditunjukkan dengan persentase. Saat mencapai 100%, Boom!!!

Shigeo itu sangat baik dan sopan. Dia berprinsip untuk tidak menggunakan kekuatannya kepada manusia. Nyatanya ini adalah pesan dari gurunya (Reigen) yang selalu dia ingat. Saya bersyukur bertemu Reigen yang, meskipun memanfaatkan dirinya, mengajarinya dengan baik.

Reigen adalah orang dewasa yang pandai memainkan kata-kata. Otaknya cukup cerdik untuk menyelesaikan masalah-masalah kliennya tentang gangguan makhluk halus walau dia tidak punya kekuatan supernatural. Dia mampu meyakinkan orang-orang untuk percaya padanya, termasuk Mob yang sangat kagum dan menaati kata-kata gurunya itu.

Ekubo, roh jahat hijau berpipi merah yang kehilangan kekuatannya setelah dikalahkan Mob. Dia berteman dengan Mob karena maksud liciknya. Karena rencananya tidak berhasil pada Mob, dia beralih ke Ritsu.

Visual

Visual anime ini sungguh luar biasa. Gambarnya seperti coretan yang kasar dengan banyak garis-garis sebagai shading. Ada lebih dari satu teknik gambar yang diperlihatkan yang semuanya keren dan ini sangat menghibur orang-orang yang memberi perhatian lebih pada visual. Openingnya hebat dengan gambarnya yang berganti dari satu ke lainnya seperti ledakan yang menjadi brokoli.

Musik

Lagu pembuka yang ada orang menghitung sampai sembilan puluh sembilan itu keren banget loh!!!

Penilaian

Meskipun Mob Psycho 100 dibuat oleh orang yang sama dengan yang membuat One Punch Man, kelihatannya anime ini tidak seterkenal One Punch Man. Meski begitu saya sejujurnya lebih memilih anime ini  karena gejolak batin Shigeo benar-benar terasa. Untuk anime ini, saya beri lima bintang!

clip-art-star-png-clipart-best-5clip-art-star-png-clipart-best-5clip-art-star-png-clipart-best-5clip-art-star-png-clipart-best-5clip-art-star-png-clipart-best-5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s